Powered By Blogger

Senin, 27 Juni 2011

ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA

Alat Musik Tradisional terdiri dari Alat musik pukul, Alat musik tiup, Alat Musik Petik, Alat Musik Gesek, Dan Alat Musik Gabungan.

A. ALAT MUSIK PUKUL
1. GAMELAN
Gamelan terdiri atas beberapa kelengkapan seperti Gong, gendang, bonang, gambang, dan rebab( rebab termasuk alat musik Gesek). Gamelan terdapat terutama di Jawa Dan Pulau Bali. Di Jawa Barat disebut Degung. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur disebut Klenengan, dan Di Bali disebut Gambelan. Alat ini terdapat juga didaerah Indonesia bagian Lain dengan nama dan perangkat yang tidak lengkap antara lain di daerah- daerah Batak, Minangkabau, Toraja, Buton, Maluku, Dan Kalimantan.














2. GONG
Gong terbuat dari logam pipih dengan benjolan di tengahnya. Alat musik ini terdapat di daerah Jawa ,Bali, Dan Daerah Indonesia bagian Lain.
















3. GENDANG
Gendang Terbuat dari kulit Binatang yang di regangkan pada Kayu berupa tabung sebagai Kotak resonansi ( untuk mendapatkan efek gaung). Gendang Terdapat di Daerah Jawa, Bali, Dan Daerah Indonesia bagian lain.














4.BONANG
Bonang berupa jajaran Gong kecil dengan benjolan di tengahnya dan berada pada kotak resonansi. Bonang terdapat di daerah Jawa, Bali, Dan daerah Indonesia Lain.

















5. GAMBANG
Berupa jajaran bilah-bilah kayu berada pada kotak resonansi. Terdapat di daerah Jawa, Bali, dan daerah Indonesia Lainnya.













6. KOLINTANG
Sejenis Gambang dari kayu khas Minahasa dengan jajaran bilah-bilahnya pada kotak resonansi. Dimainkan dengan cara berdiri.















7. REBANA
Terbuat dari Kulit Binatang yang diregangkan ke kayu berbentuk Bundaran. Disisi bundaran kayu dibubuhi cimbal-cimbal. Alat musik ini sebagai pengaruh dari kebudayaan Islam. Terdapat hampir di seluruh Indonesia.















8. TIFA
Sejenis Kendang yang Banyak terdapat di Daerah Maluku dan Papua.










9.CALUNG
Alat musik ini berbentuk jajaran potongan bambu bulat ini terdapat di Jawa barat.













10. SARON
Saron adalah alat musik sejenis gambang dengan bilah-bilah dari kuningan
, besi,atau perunggu. Saron terdapat di Jawa dan Bali.














11. TALEMPONG PACIK
Alat musik ini sejenis gong kecil tunggal dengan benjolan di tengahnya. Talempong Pacik terdapat di daerah Sumatera Barat ( Padang) biasanya dibawa dan di mainkan sambil berjalan sebagai pelengkap arak-arakan atau upacara.















12. KENDANG MELAYU
Jenis kendang dengan satu sisi ini terdapat di daerah Deli, Sumatera Utara Sebagai pengiring Orkes Melayu.













13. MARWAS Atau GEDUMBA
Jenis Kendang Kecil untuk mengiringi musik Gambus. Terdapat di Sumatera Bagian Timur.





14. ANGKLUNG
Terdiri dari seperangkat bambu panjang pendek dan dapat berbunyi apabila di guncang-guncangkan . Alat musik tradisional yang sudah mendapatkan pengakuan dari Lembaga UNESCO PBB sebagai warisan budaya Indonesia yang sempat di klaim oleh negara Jiran Malaysia.






B. ALAT MUSIK TIUP
1. SULING
Suling terbuat dari bambu dengan berbagai variasi.Terdapat hampir di seluruh daerah Indonesia.
















2. SERUNAI
Serunai adalah semacam terompet yang terdapat di Sumatera, juga terdapat jenis yang serupa di Jawa Barat dengan nama Sarompet, Di Jawa Timur dengan nama Sronen, di Sulawesi Selatan dengan nama puwi-puwi, dan di daerah lainnya di Indonesia.





3. SALUANG
Seruling Khas Minang, berupa Tabung bambu dengan kedua ujungnya terbuka.




4. SANGKA
Sangka adalah Alat musik tiup yang terbuat dari siput atau kerang besar berongga. Di salah satu sisi kerang di buat lubang sebagai sumber bunyi. Alat musik ini banyak tersebar di Minahasa, Halmahera, Pulau Seram, dan Kepulauan Kei.




5..KLEDI Atau KALDEI
Kledi adalah alat musik berupa sejumlah tabung bambu yang dihubungkan dengan sebuah Labu. Sebuah tabung yang panjang dapat menghasilkan satu nada, sedangkan tabung lainnya dapat menghasilkan berbagai ragam nada suling. Alat musik ini terdapat di daerah Kalimantan.

C. ALAT MUSIK PETIK

1. KECAPI
Alat musik petik ini memakai jajaran dawai panjang pendek dengan tabung resonansi yang terbuat dari kotak kayu. Kecapi terdapat di Jawa Barat.



2. SASANDO
Sasando adalah Alat musik yang terbuat dari daun Lontar dengan Bambu Berongga dan dilengkapi dengan 36 dawai. Alat musik ini banyak terdapat di Pulau Timor,  Nusa tenggara Timur dan sekitarnya.


3. POPONDI Atau TOLINDO
Popondi Terbuat dari Kayu berbentuk busur dan bertumpu pada tempurung kelapa, diatasnya terdapat sebuah dawai yang ditegangkan untuk dipetik . Alat musik ini terdapat di daerah Toraja.

4. CELEMPUNG Atau SITER
Siter adalah sejenis Kecapi dengan jajaran dawai. memakai tabung resonansi yang bertumpu pada kaki penunjang. Alat musik ini banyak terdapat di Pulau Jawa.




D. ALAT MUSIK GESEK

REBAB adalah Alat musik gesek dengan satu dua senar atau dawai. Alat musik ini terdapat di seluruh hampir Pulau Di Indonesia akibat dari pengaruh Kebudayaan Islam.



E. ALAT MUSIK GABUNGAN

TIFA TOTOBUANG adalah sejenis Bonang dari daerah Maluku yang dimainkan dengan iringan gendang dan gitar.

6 komentar: